7 Kesalahan Pemilik Kucing yang Bisa Bikin Kucing Stress

Kesalahan pemilik kucing bisa bikin kucing stress-ceritakucing.com

Hai Catlovers, nah sebagai pecinta kucing, kalian tentu ingin dong yang terbaik buat kucing kesayangan kalian. Namun ternyata masih juga banyak dari kita yang karena kurang nya pengetahuan serta edukasi dalam memelihara kucing, sering kali nglakuin kesalahan yang bikin kucing stress loch.

Tindakan tersebut nggak jarang juga justru malah berisiko buat kesehatan serta kebahagiaan kucing kucing kita. Pengen tau apa aja sih 7 kesalahan yang sering kita lakukan sebagai pemilik kucing dan bisa bikin kucing merasa stress, yuk langsung aja simak di bawah ini.

1. Nggak menyiapkan diri dan mempertimbangkan dengan baik sebelum mengadopsi dan memelihara kucing

Apabila kalian ingin mengadopsi dan memlihara seekor kucing di rumah hewan tersebut jangan pernah samakan hal ini seperti keinginan membeli barang barang ya seperti sepatu, tas serta benda atau barang yang bersifat material karena kalian akan memelihara sebuah makhluk hidup yang harus kalian rawat dan pelihara dengan sepenuh hati kalian.

Mengadopsi serta memelihara seekor kucing di rumah artinya kalian harus menggali lebih banyak pengetahuan tentang mereka.

Baik itu cara memberi makan kucing kalian, kondisi kesehatan kucing yang kalian pelihara serta berbagai macam peawatan kucing yang dibutuhkan di dalamnya. Jadi nggak bisa sembarang ya dalam memeliharanya. Pikirkan baik baik ini sebelum kalian ingin memelihara dan mengadopsi seekor kucing di rumah kalian.

2. Nggak peduli tentang kesehatannya dan jarang memeriksakan ke dokter hewan kalo kucingmu sakit

Memelihara seekor kucing di rumah berarti kalian harus rajin dan rutin memeriksakan mereka ke dokter hewan apabila diperlukan, baik itu untuk memeriksakan kesehatannya, atau sekedar konsultasi atau memberi vaksin kepada mereka.

Perlu kalian ketahui bahwa kucing itu adalah hewan yang pintar dan pandai dalam menyembunyikan rasa sakit serta rasa tidak nyaman yang mereka sedang rasakan. Oleh sebab itu, penting buat kalian buat memeriksa kesehatan mereka secara rutin.

Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi kucingmu sakit sedari awal dan supaya nggak telat penanganan.

3. Ngasih makan kucing terlalu banyak itu nggak baik loch

Kucing itu emang selalu mengeong pas kalian membawa makanan. Ketika hal ini terjadi kalian tentunya pengen mengabulkan keinginan mereka dengan memberi nya makan secara terus menerus. Padahal ternyata hal ini nggak baik loh buat kucing kalian.

Terlalu banyak memberi makan kucing peliharaan adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang orang yang memelihara kucing.

Dampak nya kucing kesayangan kalian bisa mengalami yang namanya obesitas dan akhirnya menjadi malas bergerak dan tentunya hal ini sangat nggak baik buat kucing peliharaan kalian.

4. Nggak memperdulikan dan menyepelekan tentang kesehatan giginya

Gigi pada kucing merupakan salah satu bagian yang sering banget dilupakan oleh kita sebagai pemiliknya. Padahal nyatanya gigi kucing itu memerlukan perhatian yang lebih besar loh. Karena mayoritas kucing yang udah berusia lebih dari 3 tahun itu biasanya me nunjukkan gejala masalah gigi pada umumnya.

Sebenarnya nggak sulit kok buat menjaga kesehatan gigi kucing. Kalian hanya perlu menggosok giginya secara lembut dengan sikat khusus secara rajin dan rutin.

5. Memiliki asumsi kalo kucing itu nggak butuh perhatian, ini salah ya!

Dilihat secara garis besar dari garis keturunan nya, kucing ternyata adalah hewan soliter yang dapat hidup secara mandiri.

Namun karena sudah di domestifikasi, mayoritas kucing saat ini menjadi hewan yang penuh kasih sayang, suka ber sosialisasi dan menyukai kehadiran manusia berada di sekitarnya.

Tapi sayang sekali, ternyata banyak juga dari pemilik kucing yang justru mengira bahwa kucing tidak memerlukan perhatian yang lebih dalam memeliharanya.

Iya, sesekali mereka memang kadang membutuhkan waktu sendiri. Tapi kalian juga harus mengimbanginya dengan mengajak mereka bermain sama atau sekedar membelai dan mengelus elus mereka dan menemani mereka di rumah kalian.

6. Menunda dalam membersihkan litter box kotoran nya

Coba aja kalian bayangkan, apa yang kalian rasakan ketika masuk ke dalam toilet yang bau dan kotor. Pasti kalian akan merasa tidak nyaman atau bahkan mengurungkan niat untuk buang air disitu kan?

Nah hal ini juga akan sama dirasakan oleh kucing kalian ketika litter box kotorannya kotor dan bau, kucing akan malas untuk buang air atau pup disitu.

Sebaiknya kalian membersihkan nya secara rutin dan setiap hari. Gantilah pasir yang lama dengan yang baru secara berkala dan buang kotoran yang ada pada litter box tersebut.

Litter box yang kotor dan bau akan membuat kucing kalian merasa nggak nyaman. Selain itu, kebersihan dari litter box yang nggak terjaga juga akan berisiko untuk menjadi sarang penyakit di dalamnya. So, rajin rajin ya membersihkannya catlovers.

7. Tidak melepas kucing dalam kandang seharian

Karena khawatir mereka akan kabur dari rumah biasanya banyak dari kita yang berfikir untuk mengurung kucing seharian di dalam kandang mereka. Waduh jangan ya, kasian kucing mu.

Hl seperti ini sangat tidak disarankan. Terlebih, kucing merupakan hewan yang menyukai akan kebebasan.

Jika kalian membiarkannya ada di dalam kandang dalam waktu yang lama, kucing bakal merasa stress karenanya.

Nah itulah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh pecinta kucing yang bisa bikin kucing stress. Jangan lakukan hal hal diatas ya onty biar kucing kalian sehat dn nggak stress, kasian juga nanti kucingnya. Oke akhir kata semoga bermanfaat dan salam catlovers.

Baca Juga: Cara Mudah Melatih Kucingmu Biar Nggak Pup Sembarangan

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top