Apa Penyebab Kucing Yang Sudah Disterilisasi Masih Bisa Kawin?

Kucing steril bisa kawin

Kenapa kucingku yang sudah disterilisasi atau dikebiri masih kawin dengan kucing betina? Mungkin ada dari kamu yang terkejut dengan kucing sudah disterilsasi masih menindih kucing lainnya. Perilaku ini terjadi pada kucing pejantan.  Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kucing berperilaku seperti itu. Yuk simak beberapa alasan mengenai perilaku itu :

1. Sterilisasi Kucing Agak Terlambat
Apabila kucing kamu disterilisasi saat usia agak tua atau usia lebih dari setahun, perilaku ini bisa terus berlangsung meskipun kucing sudah tidak bisa lagi membuahi betina. Tidak hanya kucing betina yang ditindih tetapi juga benda-benda dirumah. Misalnya, boneka. Perilaku ini disebut normal asalkan tidak terlalu sering terjadi.

2. Kucing Punya Hormon Seksual
Hormon yang mengontrol perilaku seksual belum sepenuhnya menghilang setelah disterilisasi. Faktanya, kucing jantan masih dapat berpotensi membuahi kucing lain beberapa periode pendek setelah operasi. Sesuai dengan penelitian East Bay SPCA, kucing jantan mungkin masih dapat membuahi kucing betina maksimum 6 bulan setelah operasi sterilisasi.

3. Cari Perhatian
Kucing yang berperilaku menindih manusia membutuhkan perhatian lebih. Mengelusnya dan mengajak bermain akan lebih membantu kucing merasa lebih aman dan menghentikan perilakunya.

4. Bermain Lebih Banyak
Perilaku menindih adalah bentuk penyaluran energi dari kucing. Kalau kucing mulai berperilaku menindih benda-benda di rumah, coba untuk mengajak bermain lebih banyak untuk menyalurkan energi dan membuat lelah.

5. Stres Karena Perubahan Lingkungan
Kucing dewasa stres karena adanya perubahan lingkungan yang dapat dilihat dari perilaku menindih meskipun sebelumnya belum pernah dilakukan.

Beberapa perilaku ini akan muncul saat kucing baru di rumah. Cara untuk mengatasinya dengan menunjukkan kasih sayang lebih untuk kucing pertama dan tetap menjaga rutinitas rumah seperti biasa. Cara ini dapat membantu menghilangkan perilaku seiring waktu berlalu.

Nah dari apa yang dijelaskan tersebut diatas adalah alasan mengapa kucing yang sudah disterilisasi masih suka menindih kucing lain atau benda lain. Untuk itu, kamu sebagai pemiliknya berkewajiban untuk selalu memperhatikan perilaku kucing dan menjaganya.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top