Cara Membantu Kucing Mengenali Lingkungan Baru

kucing mengenal lingkungan baru

Bagi kamu yang pindah ke rumah baru bukan perkara sulit untuk menyesuaikan lingkungan baru. Akan tetapi tidak bagi kucing. Hewan yang imut ini sensitif terhadap perubahan lingkungan. Lingkungan yang baru dapat membuat bingung dan stres, apalagi terkadang memiliki risiko hilang akibat tersesat saat mengelilingi sekitar rumah.

Yuk simak cara membantu kucing mengenali lingkungan barunya :

1.  Hindari Dari Kebisingan
Saat sampai di rumah baru, masukkan kucing ke kamar yang sepi untuk menghindari kebisingan saat berbenah rumah. Di lingkungan baru dapat membuat kucing bingung apalagi kebisingan yang menambah kucing stres.

Memasukkan ke ruangan juga mencegah kucing kesayangan hilang di lingkungan baru. Letakkan juga makanan, litter box, air dan tempat tidur agar kucing nyaman. Tutup pintunya dan keluarkan kucing jika sudah selesai membereskan rymah.

2. Waktu Menyendiri
Setelah semua beres, jangan lupa untuk mengunci pintu untuk mencegah kucing keluar saat kucing keluar dari kamar. Jenguk kucing di kamarnya. Ajak berbicara sambil mengelus bulu lembutnya. Jangan paksa kucing untuk mengeksplorasi rumah baru, biarkan tetap di kamar dengan pintu terbuka sehingga kucing dapat keluar jika ingin keluar.

3. Oleskan Mentega/Butter di Telapaknya
Sebelum meninggalkan kamar, jangan lupa untuk mengoleskan butter/mentega di sela-sela jarinya untuk mendorong kucing meng-grooming tubuhnya agar lebih tenang setelah perjalanan jauh.

4. Tandai wilayah Dengan Kotoran
Sebelum mengajak keluar, coba ambil satu skup kotoran di litterbox  dan sebar di halaman rumah. Cara ini untuk membantu kucing mengenali aroma dan tempat tinggal. Juga memberi tahu bahwa wilayah tersebut adalah wilayah kucing kamu.

5. Bawa Kucing Keluar Dengan Harness
Saat membawa kucing keluar rumah, pastikan memasang harness dan perkenalakn lingkungan halaman rumah. Ajak kucing ke wilayahnya dengan menyebarkan kotoran.Biarkan kucing terbiasa dengan aroma halaman rumah dan berikan elusan supaya merasa aman.

6. Tetap Pada Rutinitas
Untuk tetap pada rutinitas jam makan. Untuk membuat perubahan seminimal mungkin agar kucing tidak stres. Memberikan camilan setelah kucing berkenalan dengan rumah baru akan membantu kucing memahami tempat jika mendapatkan makanan.

7. Identitas Kucing
Setelah kucingterbiasa dengan rumah barunya, kamu bisa membiarkan kucing untuk keluar di lingkungan barunya. Dapat dilakukan dengan mengenalkan kucing ke tetangga agar mereka mengenali kucing itu. Jangan lupa untuk menyematkan identitas berupa kalung atau chip pada kucing.

Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu kucing kamu mengenali lingkungan barunya. Dan jangan lupa untuk selalu mengawasi kucing di lingkungan barunya yaa.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top