Cara Mengatasi Kucing Baru Yang Berkelahi Dengan Kucing Lainnya

kucing berkelahi

Pusing kucing baru kamu berkelahi dengan kucing yang sudah lama di rumah?. Membawa kucing baru pulang ke rumah ketika sudah punya kucing lain di rumah akan menyebabkan kekacauan antar kucing. Ini disebabkan karena kucing yang tidak dibesarkan bersama, lalu bertemu, cenderung akan berebut wilayah di rumah. Agar tidak terjadi, kamu harus memperkenalkan kucing satu sama lain. Yuk simak caranya :

1. Pisahkan Ruangan
Berikan ruangan terpisah antara kucing baru dan senior. Kamu dapat memberikan kamar, ruang cuci atau ruang apapun dengan pintu terisolasi. Taruh makanan, air, litter box serta mainan dalam kamar masing-masing. Langkah ini untuk meredakan situasi, tidak berkelahi dan memastikan aman.

2. Perkenalkan Aroma
Saat memberikan ruangannya yang berbeda, jangan lupa untuk meletakkan handuk di ruangan masing-masing. Setelah kucing tidur di handuk dan aromanya melekat, tukar handuk sehingga kucing belajar mengenai aroma satu sama lain. Lakukan tukar handuk satu atau dua kali sekali selama beberapa hari.

3. Perkenalkan Ruangan Satu Sama Lain
Biarkan kucing bertukar kamar. Ini salah satu langkah agar kucing terbiasa dengan bau satu sama lain.

4. Pertemukan Dalam Kandang Berbeda
Masukkan masing-masing kucing ke dalam carrier yang terpisah dan tempatkan carrier saling berhadapan. Saat awal saling berhadapan akan terdengar suara saling mendesis atau menggeram tapi itu hal yang wajar. Lakukan teknik ini satu atau dua kali sehari untuk waktu ke depan.

5. Biarkan Antar Kucing Berkenalan
Setelah beberapa kali melakukan teknik carrier, kucing-kucing akan siap dipertemukan secara langsung. Letakkan masing-masing carrier di pojok ruangan, buka carrier dan biarkan keluar. Pastikan ada yang mengawasi mereka.

Kamu akan melihat reaksi wajar seperti bersembunyi, menggeram, mendesisi atau mengendus satu sama lain. Tapi jika mulai berkelahi, pisahkan dengan tepuk tangan yang keras dan alihkan perhatian mereka dengan makanan atau mainan. Kalau berjalan lancar, biarkan bermain bersama tidak lebih dari satu jam.

Jika terjadi sebaliknya, masukkan kucing baru ke dalam kamar seharian. Lakukan beberapa kali agar mereka akur.

Semoga langkah-langkah ini dapat membuat antar kucing menjadi akur dan dapat berteman dan tetap awasi kucing-kucing kamu dalam bermain.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top