Cara Mengobati Kucing Cacingan

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Hai catlovers, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengobati Kucing yang Cacingan. Makhluk hidup yang bisa cacingan ternyata nggak hanya manusia aja. Kucing kita pun ternyata juga bisa mengalami yang namanya cacingan.

Cacing yang biasanya terdapat pada kucing adalah cacing pita, yang umumnya masuk ke dalam tubuh kucing melalui kutu dalam bentuk telur cacing.

Oke langsung aja cara mengobati kucing cacingan yang paling ampuh versi ceritakucing.com

Cara Mengobati Kucing yang Cacingan

1. Perhatikan gejala kucing cacingan

Sebagai langkah awal buat mengetahui apakah kucing kalian mengalami cacingan apa nggak, caranya mudah, kalian coba perhatikan beberapa tanda awal kucing yang mengalami cacingan di bawah ini.

  • Tubuh kucing jadi lebih kurus dengan perut yang agak membuncit.
  • Kucing jadi banyak minum karena sering haus.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Diare.
  • Mengalami muntah muntah.
  • Terdapat cacing pada kotorannya.
  • Meski kucing makan banyak, tubuhnya bakal tetep kurus.

Sebenarnya masih banyak ciri-ciri kucing cacingan yang bisa kalian amati lebih lanjut, terlebih jika kucing kalian telah mengalami cacingan dalam kurun waktu yang lama.

Tapi, gejala gejala yang udah disebutkan di atas cenderung cukup mudah buat kalian amati di masa awal kucing mengalami cacingan. Maka, kalian sebagai pemilik kucing harus memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kucing kesayangan kalian. Jangan sampai kucing kesayangan kalian mengalami cacingan tanpa ada penanganan lebih lanjut, karena hal ini tentu aja akan mempengaruhi kondisi kesehatan kucing kalian.

2. Cek kotoran kucing kalian

Jika kalian melihat ada gejala cacingan pada kucing kalian, maka kalian dapat memastikannya dengan memeriksa kotorannya, apakah ada bentuk seperti cacing yang terbawa.

Selain itu, biasanya terdapat bentuk seperti beras di anus kucing jika memang kucing kalian memang sedang cacingan. Jika tanda tanda ini kalian temukan pada kucing kalian, maka hampir dapat dipastikan kucing kalian sedang mengalami yang namanya cacingan.

3. Cek ke dokter hewan

Setelah kalian sudah memastikan kucing kalian memang terkena cacingan, segera bawalah kucing kalian tersebut ke dokter hewan terdekat.

Dokter hewan akan lebih tahu tentang penanganan apa yang harus diberikan kepada kucing kesayangan kalian. Dengan membawanya ke dokter hewan, bisa jadi dokter hewan tidak hanya memberi obat tapi juga mengajarkan pada kalian perawatan apa yang harus dilakukan buat mengantisipasi dan mencegah kucing kalian dapat terkena cacingan lagi di kemudian hari.

4. Kasih obat cacing khusus kucing

Cara mengobati kucing cacingan yang paling umum yaitu dengan memberinya obat cacing kucing. Kalian dapat memberikan kucing kalian Drontal Cat atu Drontal Plus. Obat ini terbukti memiliki kandungan yang lebih lengkap dan dapat membasmi cacing pada kucingmu.

5. Bersihkan litter box kucing secara rutin

Kucing yang cacingan, akan mengeluarkan cacing atau larva cacing juga melalui fesesnya. Hal ini tentu juga dapat mengakibatkan larva cacing kembali masuk ke dalam tubuhnya.

Sebaiknya bersihkan tempat kotoran atau litter box kucing secara rutin setiap hari. Jika tidak segera dibersihkan, terlebih lagi jika kalian memelihara kucing lebih dari satu di rumah, bukan nggak mungkin kucing kalian yang lain juga akan tertular cacingan juga.

6. Mandikan kucing kalian secara teratur

Cara Mengobati Kucing Cacingan yang lainnya adalah dengan teratur memandikan kucing kalian. Kalian harus rajin memandikan kucing untuk memastikan tubuhnya bersih dari ancaman kutu ataupun kotoran yang membawa larva cacing.

Nah itulah cara mengobati kucing cacingan. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga: Penyakit Ini Dapat Membunuh Kucing Kamu

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top