Cara Mengoreksi Perilaku Kucing Yang Salah

perilaku kucing salah

Kadang kamu dibuat geleng-geleng kepala dengan perilaku kucing, tak jarang kamu jadi gampang kesal dan meluapkannya ke kucing. Meluapkan kekesalan dengan cara yang salah tidak akan mengubah perilaku kucing tapi hanya membuat takut dan melakukan kembali perilaku yang salah di belakang kita. Yuk simak cara yang benar untuk mengoreksi perilaku kucing, antara lain.

1. Buang Air Tidak di Litter Box
Saat kucing buang air tidak ditempatnya, itu perbuatan yang salah. Cara mengoreksinya dengan mengecek kesehatan kucing bisa jadi penyakit seperti infeksi saluran kencing (FLUTD) sebagai pemicunya. Jika dinyatakan kucing sehat, kemungkinan penyebabnya karena penempatan litter box yang berada di tempat ramai, kondisi litter box yang kotor atau juga disebabkan karena ukuran litter box yang terllampau kecil.

2.  Suka Naik Ke Atas kursi atau Meja
Upaya untuk melatih kucing agar mengenali batas-batas wilayah mungkin sangat perlu dilakukan dan ini memang membutuhkan kesabaran ekstra. Kucing akan melakukan lompatan dan naik ke atas kursi bahkan meja karena berbagai alasan diantaranya karena kucing memang menyukai ketinggian dan juga mungkin bau meja atau kursi tersebut sangat disukai kucing.

Jika Anda melihat kucing berada di atas kursi atau meja, maka jangan langsung melempar kucing tersebut dari kursi atau meja. Langkah yang dilakukan adalah cobalah melekatkan double tape pada pinggir meja, karena ternyata kucing tidak suka dengan bahan yang lengket seperti double tape. Menyemprotkan sedikit air menggunakan botol spray juga salah satu upaya agar kucing tidak menaiki diatas kursi atau meja.

3. Suka Mencakar Tidak Pada Tempatnya
Mencakar adalah perilaku alami kucing. Tapi jika kucing mencakar sofa atau barang kesayangan lainny, jangan men-declawing kucing karena tindakan ini serupa dengan mengamputasi bagian kakinya. Tempatkan beberapa scratching post di lokasi yang muah dijangaki kucing dan beri treats setiap kali menggunakan.

4. Suka Menggigit dan Mencakar
Perilaku ini karena kucing sedang badmood atau terganggu karena perutnya dibelai. Jika digigit, maka jangan langsung menarik kaki atau tangan yang digigit kucing, hal ini dapat memicu kucing untuk menggigit lebih dalam dan malah bisa mengakibatkan luka.

Ada cara yang paling efektif untuk mengoreksi perilaku kucing tersebut yaitu dengan memegang lembut tengkuk leher kucing dan sambil mengatakan “jangan” seiring dengan melakukan dorongan ke bawah.

5. Berkelahi Dengan Kucing Lain
Hati-hati jangan langsung memisahkan kucing yang sedang berkelahi dengan kucing lain, hal ini justru akanmelukai diri kita sendiri karena mungkin kucing akan mencakar atau menggigit. Cukup dengan tepuk tangan sekali saja dengan kencang dan katakan ‘jangan’.

Langkah selanjutnya jika berhasil dan membuat kucing berhenti berkelahi dan saling menjauh, maka pindahkanlah salah satu kucing ke tempat lain yang lebih aman. Namun jika terjadi perkelahian yang semakin buruk, lemparkan saja sebuah mainan untuk menarik perhatiannya. Melemparkan kain ke kepala kucing hingga menutupi mata juga mampu meredam perkelahian karena kucing sudah tidak bisa lagi melihat lawan dan berhenti bertengkar.

Demikianlah berbagai upaya dan cara yang mudah untuk menyikapi perilaku kucing yang selama ini kita anggap salah, dengan tujuan agar kucing merasa jera dan tidak akan mengulangi melakukan perilaku salah tersebut.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top