Cara Mudah Melatih Kucingmu Biar Nggak Pup Sembarangan

Cara melatih kucing buang air pada tempatnya-ceritakucing.com

Hai Catlovers salah satu tantangan besar dalam memelihara kucing adalah bagaimana kita mengajari mereka bisa pup di wadah yang udah kita sediakan. Masalah ini biasanya terjadi dan dialami oleh kucing yang masih kitten atau tidak menutup kemungkinan bagi kucing dewasa juga. Kucing yang belum terlatih biasanya membutuhkan bantuan kita dalam mengenali litter box atau tempat buang airnya tersebut. Lantas bagaimana cara mudah melatih kucing supaya tidak pup sembarangan?

Meskipun demikian, melatih kucing supaya nggak buang air sembarangan sebenar nya nggak sesulit yang kalian bayangkan asal kalian tau tips dan caranya. Karena sebenernya mereka ternyata mempunyai insting buat pup di area yang ada pasirnya lalu mengubur kotoran mereka sendiri menggunakan kaki mereka.

Nah terlepas dari itu semua, kalian ada baiknya memberikan petunjuk dan arahan yang tepat ke kucing peliharaan kalian supaya mereka dapat belajar dengan baik dan benar. Apa saja tips nya dalam mengajari kucing peliharaan kalian supaya tidak pup atau buang air sembarangan, yuk simak langsung tips berikut di bawah ini.

1. Alat serta bahan yang wajib kalian persiapkan

Sebelum kalian mulai melatih kucing peliharaan kalian agar buang air atau pup pada litter box yang sudah kalian sediakan, kalian harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini di antaranya:

  • Litter box kucing. Pada tahap awal, sebaiknya kalian sediakan lebih dari satu litter box atau kotak pasir pada setiap sudut atau area rumahmu, baru setelah kucing peliharaan kalian terbiasa buang air atau pup di satu spot litter box tersebut barulah kalian mulai mengurangi jumlah litter box yang ada;
  • Pasir kucing. Sebaiknya kalian gunakan pasir yang memiliki tekstur yang halus dan tidak memiliki bau atau wangi apa pun.
  • Sebaiknya kalian taruh koran atau kain bekas di bawah litter box kucing tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya kalian mudah pada saat membersihkan pasir yang mungkin tercecer pada area sekitar litter box tersebut.

2. Taruh litter box pada posisi yang mudah dijangkau kucing kalian

Setelah kalian selesai menyiapkan semua peralatan alat tempur seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, sekarang waktu nya buat merencanakan ada dimana litter box itu akan kalian letakkan.

Ternyata dalam meletakan litter box, kalian tidak dapat kalian lakukan sembarangan, tujuannya supaya kucing peliharaan kalian dapat menjangkau dan melihat litter box tersebut dengan mudah.

Tips dalam memilih meletakan litter box tersebut, Tips pertama sebaiknya jangan taruh litter box tersebut pada area yang tersembunyi dan jarang dilewati kucing peliharaan kalian. Karena kucing ternyata nggak suka merasa terpojok atau terperangkap selama mereka sedang pup.

Litter box tersebut juga sebaiknya kalian letakkan di area yang cukup dalam pencahayaannya. Kucing memang dapat melihat di tempat yang minim cahaya dan gelap, tapi bantuan cahaya akan memudahkan kucing kalian dalam mencari litter box tersebut dan dapat dengan nyaman pup di tempat tersebut.

3. Kenalkan kucing kalian dengan litter box yang sudah disediakan

Ketika litter box sudah ready dan sudah kalian taruh di tempat yang mudah dijangkau kucing kalian, langkah berikut yang perlu kalian lakukan adalah memperkenalkan kucing kalian pada litter box tersebut. Caranya adalah:

  • Tunjukkan ke kucing kalian setiap litter box yang udah kalian siapkan. Biarkan mereka mengendus endusnya. Pastikan kalian nggak menggerak gerak kan litter box tersebut ketika mereka sedang memeriksanya;
  • Coba kalian masukkan kucing kalian ke dalam litter box tersebut. Pada umum nya, secara otomatis mereka akan berusaha mencoba untuk menggali gali pasir yang ada pada litter box tersebut. Atau kalo nggak, kalian bisa beri contoh mereka dengan cara mengaduk aduk pasir yang ada di litter box tersebut menggunakan jarimu;
  • Setelah itu, kalian bisa mengajak mereka masuk ke litter box setelah mereka makan, minum atau bangun tidur. Lakukan ini sampai mereka memakai litter box tersebut dengan sendirinya;
  • Berikanlah hadiah atau camilan kucing kesukaan kucing kalian setiap kali mereka menggunakan litter box tersebut dengan benar.
  • Jangan pernah menghukum kucing kalian ketika mereka tidak menggunakan litter box yang sudah kalian sediakan. Kucing kalian bakal merasa trauma dan stres karena hal tersebut;

4. Pastikan kalian slalu membersihkan litter box tersebut dengan rutin

Jika kucing kalian udah berhasil memakai litter box sendiri, sebaiknya jangan malas buat membersihkannya.

Kalian sebaiknya mengambil kotoran kucing yang ada pada litter box tersebut dengan sekop secara rutin setiap harinya. Jangan lupa untuk mengganti pasirnya juga.

Hal ini dimaksudkan agar kucing kalian tetap terjaga kesehatannya dan kucing juga akan merasa tidak suka dan malas untuk pup di litter box mereka apabila dirasa litter box tersebut kotor dan bau.

5. Semprotkan spray feromon pada litter box apabila kucing susah untuk pup di litter box

Kalian dapat mencoba menggunakan spray feromon buat kucing kalian. Semprotkan pada sekitar area litter box yang sudah kalian sediakan. Dengan begitu, kucing kalian tidak akan mengalami stress dan lebih nyaman untuk menggunakan litter box tersebut.

Nah begitulah cara dan tips agar kucing tidak pup atau buang air sembarangan. Kalian harus sabar dan telaten ya, lakukan tips diatas secara rutin dan insya Allah kucingmu akan terbiasa dengan sendirinya. Semoga berhasil ya.

Salam Catlovers.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pemilik Kucing yang Bisa Bikin Kucing Stress

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top