Ciri dan Tanda Kucing Sakit yang Perlu Kalian Ketahui

Ciri dan Tanda Kucing Sakit

Kucing kalian sakit dan mengalami kelesuan dan tidak seaktif biasanya. Di artikel ini kita akan membahas ciri kucing yang sakit yang perlu kalian tau supaya kalian nggak salah dalam penanganan dalam mengatasi kucing yang sakit. Oke langsung aja.

Ciri Kucing Sakit:

1. Lebih pendiam dan tak suka bermain

Kucing yang tampak lesu dan tak tertarik diajak bermain, berarti ada yang salah dengan kesehatannya. Jangan dipaksakan dan perhatikan kondisinya dalam beberapa waktu.

2. Pupil kucing yang terlihat berbeda

Pupil kucing yang terlihat melebar atau menyempit biasanya jadi pertanda suatu penyakit. Jika pupil terlihat berbeda disertai tanda-tanda lainnya, segera bawa ke dokter hewan.

3. Bersembunyi sepanjang waktu

Kucing yang merasa lemah karena sakit pada umumnya akan bersembunyi untuk tetap merasa aman dari hal-hal yang membahayakan. Selain itu, kucing sakit yang bersembunyi biasanya hanya ingin dibiarkan tidur untuk pemulihan.

4. Muntah tidak normal pada kucing

Beberapa orang berpikir bahwa tidak apa-apa jika kucing muntah setiap beberapa hari, tetapi ternyata tidak. Hal-hal seperti muntah yang jarang terjadi atau bola rambut sesekali tidak menjadi perhatian. Namun, jika lebih dari itu, Anda harus mengunjungi dokter hewan.

5. Gerakan Ekor Terlihat Aneh

Ciri ciri kucing sakit juga bisa dilihat lewat ekornya. Apabila ekor kucing bergerak tidak menentu, dan si meng tampak gelisah, itu artinya ia sedang kesakitan. Coba dekati kucingmu, lihat apa ia masih mau dipeluk atau tidak. Jika sedikit sentuhan (terutama bagian perut) membuatnya berontak dan marah, itu artinya ia benar-benar sedang sakit.

6. Perubahan pernapasan

Perubahan pernapasan seperti mengi, napas cepat, sesak napas, dan napas serak tidak boleh diabaikan. Jika kucing Anda tidak bernapas dengan normal, sebaiknya pergi ke klinik darurat. Jika gejalanya sangat ringan, segera temui dokter hewan biasa Anda.

7. Kotoran telinga berlebihan

Kotoran telinga berlebihan mungkin berarti kucing Anda mengalami infeksi telinga atau bahkan parasit seperti tungau telinga. Menunggu untuk mengatasi hal ini dapat menyebabkan gendang telinga terpengaruh. Plus, ini sangat tidak nyaman bagi kucing Anda.

8. Keluarnya cairan dari mata atau hidung

Keluarnya cairan dari mata atau hidung menunjukkan kemungkinan infeksi saluran pernapasan atas. Hal ini dapat membuat kucing Anda sakit dan berhenti makan. Ini mungkin menular ke kucing lain di rumah Anda. Dokter hewan Anda mungkin merekomendasikan obat untuk membantu kucing Anda pulih lebih cepat.

9. Pincang dan kesulitan melompat

Pincang dan kesulitan melompat adalah tanda-tanda cedera atau kondisi seperti artritis. Jangan berasumsi bahwa kucing Anda tidak kesakitan karena dia makan dan bersikap normal sebaliknya. Temui dokter hewan Anda agar cedera atau kondisinya dapat diobati dengan tepat.

10. Pembengkakan di area tubuh

Pembengkakan di area tubuh mana pun sebaiknya tidak diabaikan. Ini mungkin luka yang telah berubah menjadi abses. Bahkan bisa jadi tumor. Perhatikan area yang bengkak dengan cermat. Jika nyeri, panas saat disentuh, atau tidak membaik dalam satu atau dua hari, temui dokter hewan Anda.

11. Bau mulut

Bau mulut merupakan pertanda adanya masalah gigi. Halitosis ringan mungkin tidak mendesak, tetapi itu berarti gigi kucing Anda harus segera diperiksa. Bau mulut yang parah harus segera diatasi. Juga, perhatikan air liur berlebihan dan pendarahan dari mulut. Jika kucing Anda mengalami infeksi mulut, ia membuat seluruh tubuh terpapar bakteri di mulut. Ini dapat menyebabkan masalah pada jantung dan organ lainnya.

Itulah Ciri Tanda Kucing Sakit yang perlu diketahui. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga: Cara Melatih Kucing Buang Air di Kamar Mandi

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top