Ciri Tanda Kucing Sakit Jangan Sepelekan Kesehatan Kucingmu

Ciri Tanda Kucing Sakit-ceritakucing.com

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan banyak disayangi oleh orqang-orang. Sifatnya yang terkadang atraktif,lucu dan menggemaskan kerapkali membuat gemas pemiliknya. Bahkan jika terlanjur menyayangi para pemiliknya, mereka selalu ingin berada di sekitarnya. Pada dasarnya Ciri Tanda Kucing Sakit tak begitu sulit untuk kalian ketahui. Pasalnya, kucing slalu menampilkan perilaku yang berbeda-beda berdasarkan kondisinya.

Nah, jika tiba-tiba kucingmu mengalami beberapa perubahan ini, kamu patut mencurigai kucing dalam keadaan stres atau bisa jadi sakit. Perhatikan kondisinya selama beberapa hari, jika belum menunjukkan perubahan maka segeralah bawa ke dokter hewan.

Sebagian besar penyakit pada kucing lebih baik diobati jika ditemukan lebih awal, oleh karena itu pemilik kucing harus mengetahui dengan baik Ciri Tanda Kucing Sakit yang menunjukkan penyakit pada kucing sehingga mereka dapat segera merawat dan mengobati kucingnya sebelum terlambat.

Berikut Ciri Tanda Kucing Sakit yang perlu kamu tahu sebelum terlambat dan semakin parah dilansir dari berbagai sumber yang udah ceritakucing.com rangkum buat kalian.

1. Tiba-tiba suka mengeong atau diam sebaliknya

Layaknya manusia, kucing yang bersuara berlebihan berusaha menyampaikan apa yang dirasa. Selain itu, suara meong kucing juga biasanya berbeda saat sakit. Namun, tanda ini hanya dimiliki jika kucingmu pada dasarnya lebih pendiam dan tiba-tiba jadi lebih sering bersuara. Penting untuk mengetahui karakteristik kucing. Berbeda kasus jika kucing yang biasanya mengeong tiba-tiba jadi lebih pendiam.

2. Diare

Diare mungkin menunjukkan pola makan yang tidak bijaksana, parasit usus, dan berbagai masalah lainnya. Jika tidak diobati, diare dapat menyebabkan dehidrasi dan peradangan usus lebih lanjut. Ini juga sangat tidak nyaman bagi kucing Anda. Jadwalkan janji dengan dokter hewan.

3. Perubahan berat badan

Perubahan berat badan pada kucing selalu mengkhawatirkan, apakah itu bertambah atau berkurang. Keduanya mungkin merupakan pertanda masalah kesehatan yang mendasarinya. Penurunan berat badan lebih mendesak dalam jangka pendek sedangkan penambahan berat badan biasanya lebih berbahaya dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak yakin dengan berat badan kucing Anda, buatlah janji dengan dokter hewan untuk pemeriksaan atau setidaknya pemeriksaan berat badan.

4. Perubahan kepribadian

Perubahan kepribadian mungkin normal jika terjadi seiring waktu, terutama seiring bertambahnya usia kucing Anda. Namun, jika kucing Anda yang biasanya bersahabat menunjukkan agresi, atau kucing Anda yang bahagia dan percaya diri tiba-tiba bertingkah ketakutan, Anda perlu menjelajah lebih jauh dengan dokter hewan. Jika kucing Anda tampak bingung atau kehilangan arah, ini adalah situasi yang lebih mendesak.

5. Iritasi kulit atau rambut rontok

Iritasi kulit atau rambut rontok mungkin merupakan tanda alergi, parasit eksternal, atau kondisi kulit lainnya. Ini juga mungkin menyakitkan atau gatal. Jangan biarkan kucing Anda menderita tanpa alasan. Dokter hewan Anda mungkin dapat menawarkan pilihan pengobatan.

6. Kucing tiba-tiba makan sangat banyak

Biasanya kehilangan nafsu makan mengindikasikan jika kucing sedang sakit. Tetapi, peningkatan nafsu makan yang berlebihan juga bisa menjadi tanda kucing sakit. Perubahan nafsu makan kucing biasanya didasari masalah kesehatan. Meningkatnya nafsu makan bisa disebabkan gangguan endokrin.

7. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan bisa menjadi hal yang wajar bagi kucing tetapi tetap tidak boleh diabaikan. Jika kucing Anda sesekali melewatkan makan tetapi sebaliknya makan dengan normal, Anda harus memperhatikan trennya. Jika kucing Anda berhenti makan sepenuhnya atau hanya makan dalam jumlah kecil, Anda perlu melibatkan dokter hewan. Kurang makan bahkan selama beberapa hari dapat menyebabkan masalah serius yang disebut perlemakan hati atau lipidosis hati.

8. Minum lebih banyak

Mengonsumsi air berlebihan menjadi tanda nyata kucing yang sedang sakit. Minum berlebihan bisa mengindikasikan penyakit ginjal pada kucing, diabetes, atau masalah tiroid.

9. Kucing menjadi galak

Kucing yang semula manis tiba-tiba menjadi lebih galak pertanda ada bagian tubuh yang sedang sakit. Sehingga saat akan disentuh, bisa jadi kucing terlihat lebih agresif menolak dan terkesan galak.

10. Tidak membuang kotoran di tempat seharusnya

Perilaku kucing juga bisa dilihat saat tak membuang kotoran di tempatnya. Selain stres, perilaku tersebut juga mengindikasikan masalah kesehatan.

Baca Juga: Cara Mudah Melatih Kucingmu Biar Nggak Pup Sembarangan

Itulah Ciri Tanda Kucing Sakit yang perlu diketahui. Jangan sepelekan ya kalo kucingmu sakit dan langsung bawa ke dokter hewan terdekat. Semoga Bermanfaat.

Salam CatLovers,

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Kucing, Kucing Bisa Stres Loh!

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top