Fakta Kucing Nggak Kalah Cerdas dengan Anjing

Fakta Kucing

Kucing dan anjing merupakan dua spesies hewan berbulu yang sama sama populer dan jadi primadona bagi orang orang yang menyukainya. Ke lucuan dan kesetiaan mereka serta kecerdasan anjing dan kucing adalah alasan yang kuat kenapa banyak orang suka dan menaruh hati pada 2 hewan tersebut yaitu anjing dan kucing.

Umumnya mayoritas orang orang pada umumnya akan beranggapan bahwa anjing itu lebih cerdas daripada kucing. Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membuktikan kepada kalian bahwa sebenarnya kucing kalian pun nggak kalah cerdas loh sama anjing. Simak ya.

1. Kucing paling suka menjilati tubuhnya menggunakan lidah nya

Kucing itu tau pasti dan betul serta paham mengapa mereka harus melakukan tindakan ini. Yaap, ternyata menjilati bagian tubuh mereka adalah cara kucing agar dapat membersihkan tubuh nya dari berbagai kotoran yang melekat di tubuhnya.Jilatan kucing di sekujur tubuhnya juga ternyata dapat membantu membuang kulit mati pada kucing.

Kucing ternyata dapat mengetahui kalo jilatan mereka itu adalah cara mereka untuk membersihkan tubuh mereka. Ternyata kecerdasan yang dimiliki kucing ini udah di turunkan dari generasi mereka melalui evolusi yang terjadi pada mereka.

Pengetahuan akan khasiat dari lidah di kucing sudah di tanamkan pada genetik kucing bertahun tahun lamanya.

2. Kucing yang pemalas merupakan kucing cerdas

Kebanyakan kucing itu memiliki sifat yang malas. Eits, tapi jangan salah sangka dulu, ternyata kemalasan kucing itu ber korelasi sama kecerdasan mereka yang tinggi lohh.

Berbeda dengan anjing yang biasanya menonjolkan kecerdasan mereka dengan tingkah mereka yang aktif. Kucing lebih suka bermalas malasan dan tidur sampai jam makan mereka tiba.

Ilmuwan serta ahli satwa sudah mengkonfirmasi bahwa sesuai data data penelitian mereka, ternyata ada fakta mengenai kecerdasan kucing yang nyaris dan bahkan setara dengan hewan peliharaan anjing. Kucing cukup cerdas untuk selalu tetap bersikap santai dan berleha leha serta tidak terlalu peduli dengan keadaan yang ada di sekitar nya.

3. Walaupun ini tidak mutlak, kucing cenderung lebih bersifat soliter

Meskipun seringkali terlihat berkumpul, ternyata kucing dapat hidup mandiri juga loh. Nah, untuk dapat hidup secara soliter, dibutuhkan kecerdasan yang baik ketika kucing berada di alam liar.

Mereka ternyata dapat berjuang, berburu, bertahan hidup, dan menikmati dunia mereka sendiri loh. Jadi kalian jangan heran kalo kalian seringkali ngeliat kucing kesayangan kalian suka sendirian, karena itu adalah refleksi dari kecerdasan kucing.

Namun sekali lagi sifat soliter yang terdapat pada kucing bukanlah sebuah suatu kemutlakan. Ada banyak juga kucing rumahan atau peliharaan yang hidup nya juga ber kelompok dengan kucing lainnya. Maklum aja, evolusi selama ratusan hingga ribuan tahun ternyata membentuk sifat kucing yang menjadi kucing peliharaan menjadi kurang sedikit mandiri belakangan ini.

4. Kucing ternyata memiliki struktur keseimbangan yang hebat

Kucing adalah salah satu hewan yang bisa mengontrol tubuh nya dengan baik, melebihi hewan lain pada umumnya.

Kucing ternyata mempunyai tingkat akurasi ke seimbangan dihampir seluruh tubuhnya karena kucing itu mempunyai tulang punggung yang lebih fleksibel.

Pada saat kucing ada ditempat yang lebih tinggi dan sulit di jangkau, otak kucing bakal bekerja dengan cepat serta tanggap di bandingkan waktu waktu saat kucing berada di tempat yang rendah. Ini sebabnya kalian akan jarang sekali melihat kucing takut ketika berjalan di atap rumah atau tempat yang tinggi lainnya.

5. Kucing suka sekali tidur

Coba deh kalian perhatikan lebih seksama perilaku kucing kalian, jika kucingmu selalu tidur dan bermalas malasan setiap saat jangan kuatir, kemungkinan besar kucing peliharaan kalian itu masuk jajaran golongan kucing yang cerdas.

Faktanya di alam bebas, keluarga kucing besar seperti harimau dan macan sekalipun memang suka sekali tidur untuk men dinginkan otaknya dan juga sekaligus mengembalikan energi yang dipakai pada saat mereka berburu di alam liar dan bebas.

Semakin aktif otak dan fisiknya, maka kucing akan semakin gampang untuk terlelap tidur dan tidak akan peduli dengan suasana disekitarnya.

6. Otak kucing ternyata adalah desain otak mamalia yang cukup cerdas

Mungkin fakta ini cukup mengejutkan buat kalian. Nyatanya hampir 85 % otak kucing itu mempunyai struktur dan bisa bekerja dengan optimal layaknya otak mamalia cerdas lain nya, seperti anjing, primata dan bahkan manusia sendiri.

Penelitian banyak yang menyebutkan dan menyatakan bahwa otak kucing mempunyai 300 juta korteks serebral. Wow mengejutkan bukan?

Jumlah korteks serebral yang ada pada kucing tersebut sama dengan jumlah yang dipunyai oleh anjing serta jenis mamalia lainnya. Buat kalian yang masih binggung apa sih itu korteks serebral, Korteks serebral merupakan bagian otak pada mamalia yang berfungsi mengatur tindakan serta rasionalitas untuk bisa dapat menanggapi kejadian disekitarnya termasuk lingkungannya. Bagian otak ini juga berfungsi menjadi tempat untuk penyimpanan memori jangka pendek serta panjang.

7. Kucing bertingkah seolah-olah tidak peduli dengan pemilik nya

Nah ini juga yang membedakan antara kucing dan anjing. Kucing walaupun mereka itu memiliki kecerdasan, biasa nya mereka akan tampak tidak peduli terhadap kalian sebagai pemiliknya.

Mereka lebih suka bersikap cuek dan meninggalkan pemiliknya seolah olah tidak peduli kepada kalian. Tapi jangan salah, sebenarnya kucing adalah hewan yang sangat peduli dan sangat percaya kepada pemiliknya loh.

Kucing yang kerap cuek dan bersikap seolah olah tidak peduli kepada pemiliknya, ternyata nggak slalu menunjukkan kalo mereka benar benar nggak peduli.

Sebaliknya dalam ke tidak pedulian nya itu ternyata kucing sangat yakin dan percaya kepada kalian sebagai pemiliknya sehingga mereka merasa nyaman dan aman dan mereka cukup mengawasi kalian sebagai pemiliknya dari jauh.

Nah gimana? Sekarang udah pada tau kan kalo kucing itu sebenernya cerdas dan nggak kalah dengan anjing. Oke sekian pembahasan mimin tentang fakta kecerdasan kucing. Semoga bisa menambah wawasanmu ya tentang dunia perkucingan.

Semoga bermanfaat. Salam catlovers.

Baca Juga: 9 Fakta Ilmiah Tentang  ‘Kocheng Oren’ yang Terkenal Nakal

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top