Fakta Menarik Tentang Kucing Peliharaan

Fakta Menarik Tentang Kucing

Belakangan ini ternyata salah satu menjadi pilihan hewan peliharaan favorit yang sangat populer adalah kucing. Banyak dari kita yang antusias memelihara kucing bahkan memiliki lebih dari satu ekor kucing di rumah. Para artis dan pemain sinetron indonesia dan dunia sampai beberapa tokoh yang terkenal di dunia juga menyenangi untuk memelihara hewan yang satu ini. Namun demikian, kucing yang memang memiliki tingkah aneh dan lucu dan aneh, memiliki beberapa fakta yang sangat menarik untuk diketahui. Nah, lalu apa saja fakta menarik mengenai kucing peliharaan ini? baiklah akan saya tuliskan beberapa diantaranya dalam tulisan ini.

Beberapa hal menarik tentang kucing peliharaan yang mungkin perlu sekali diketahui hingga saat ini.adalah sebagai berikut.

Fakta Menarik Tentang Kucing Peliharaan:

Inilah beberapa fakta yang menarik untuk diketahui dari kucing peliharaan yang meungkin belum diketahui secara umum.

1. Jumlah tulang Kucing

Kucing ternyata memiliki jumlah tulang yang lebih banyak dari manusia, hal ini disebutkan dalah sebuah Situs Cats International. Adapun jumlah tulang kucing tercatat berkisar 244 tulang, sedangkan untuk manusia sendiri memiliki jumlah tulang sebanyak 206. Detak jantung kucing 2 sampai 3 kali lebih cepat dari detak jantung dari manusia.

2. Fakta menarik tentang telinga kucing

Cats International menyampaikan bahwa telinga kucing juga mampu berputar 180 derajat dan memiliki jumlah otot sebanyak 32 di telinganya hal ini jauh lebih banyak jumlahnya dari otot telinga yang dimiliki manusia sejumlah 6 saja.

3. Ketajaman Indra pendengaran dan penglihatan

Purina melangsir bahwa rata-rata pendengaran yang dimiliki oleh kucing adalah 5 kali lebih tajam dari pendengaran yang dimiliki oleh manusia dewasa. Oleh karena itu tak ayal jika kucing sensitifnya pada suara sangat tinggi sehingga mampu menangkap suara yang tidak mampu ditangkap oleh telinga manusia. Penglihatan kucing juga berbeda dengan manusia, kucing mampu melihat segala sesuatu yang berada pada tempat minim pencahayaan.

Baca Juga: Bisakah Kucing Melihat Hantu? Kenali Tanda Tandanya di Sini

4. Sering menjilati tubuh

Air tidak disukai oleh kucing. namun demikian, kucing mampu menghabiskan 30 sampai 50 persen waktunya setiapo dari untuk melakukan pembersihan badannya dengan cara menjilati tubuhnya, hal ini seperti yang terkutip pada situs Mental Floss. Menjilati tubuhnya sendiri membuat kucing merasa lebih tenang, dan berfungsi juga untuk membantu peredaran darahnya. Selain itu dengan membersihkan bulunya bertujuan untuk mempertahaknan kehangatan tubuuhnya dengan demikian maka dapat mengurangi bau supaya predator tidak mudah mencium bau kucing. Hebatnya lagi ternyata air liur yang dikeluarkan oleh kucing memiliki khasiat obat untuk menyembuhkan luka yang ada ditubuhnya.

5. Kucing menyukai tempat kecil tersembunyi

Banyak yang mengetahui bahwa kucing sangat menyukai tempat untuk bersembunyi yaitu di tempat yang kecil atau bahkan masuk ke dalam kardus. Kardus karena disukai teksturnya oleh kucing sering kita lihat seolah kucing sedang bermain-main dengan kardus.

Bahkan menurut situs Purina, ternyata kardus dapat menjadi salah satu tempat yang aman bagi kucing untuk mengamati suasana lingkungan sekitarnya. Kardus juga ternyata sebagai sarana untuk menghindari lawan agar tidak bisa menyerang dari arah belakang maupun samping kucing.

Baca Juga: Mainan Kucing Ini Cocok untuk Kucing Peliharaanmu

6. Kucing alergi pada pemiliknya

Bukan hanya manusia yang alergi kucing namun ternyata kucing juga bisa memiliki alergi pada manusia. Hal ini dilansir dari Mental Floss, bahwa 1 dari 200 kucing yang ada dipercaya memiliki sejenis penyakit pernafasan. Ternyata jumlah ini juga meningkat pada kucing-kucing yang dipelihara di rumah.

Sumber alergi bagi kucing yang berasal dari manusia antara lain bisa karena dari asap rokok pemiliknya, debu yang beterbangan di rumah, ketombe manusia, hingga serbuk dari bunga yang ditanam oleh pemilik kucing tanpa sengaja bisa membuat kucing alergi.

Baca Juga: 5 Bau yang Paling Dibenci Kucing

7. Rumor tentang kucing hitam

Kucing hitam dianggap bisa sebagai tanda keberuntungan di negara Jepang, Perancis, dan Inggris. Dinegara Jepang Kucing hitam dipercaya menjadi keberuntungan bagi wanita lajang. Kucing hitam acapkali diberikan kepada pengantin baru sebagai harapan agar pernikahan langgeng dan baik di Jepang. Oleh karena itu melihat fakta dari beberapa negara tersebut, maka tidaklah tepat kiranya jika kucing hitam yang seringkali dianggap membawa nasib buruk bagi pemiliknya karena ada yang mengkait-kaitkan dengan setan atau penyihir.

8. Kucing Sering tidur

Kucing ternyata mampu menghabiskan sebagian besar waktunya yaitu berkisar 70 persen dalam setiap harinya hanya untuk tidur.

9. Kucing Pernah Ke luar angkasa

Pada tahun 1963, Felicette atau Astrocat adalah satu-satunya kucing yang pertama kali dan terakhir pergi ke luar angkasa. inilah fakta menarik bahwa ternyata kucing juga menjadi salah satu hewan yang pernah berpergian sampai ke luar angkasa.

10. Kucing Buta warna

Cats International mengungkapkan bahwa kucing hanya mampu melihat warna merah dan hijau, hal ini setara dengan buta warna yang dialami oleh manusia.

11. Alasan kucing mengeong

Kucing mengeong terjadi pada saat merasa antusias terhadap sesuatu,yaitu pada saat merasa kesakitan atau merasa takut. Menurut Cats International, Saat kucing mengeong itu bukan merupakan bahasa alami antar kucing. Mengeong dilakukan oleh kucing ternyata untuk berkomunikasi dengan manusia. Sedangkan sesama kucing untuk berkomunikasi dengan menggunakan bau dan gerakan ekornya.

12. Umur dan lompatan kucing

Fakta menarik berikutnya adalah bawha ternyata kucing dewasa mampu hidup hingga berumur sekitar 35 tahun. Kucing ternyata juga mampu melompat setinggi 5 kali lebih dari tinggi badannya sendiri.

Baca Juga: 10 Rahasia Kucing yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Sampe Nggak Tau!

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top