Fakta Mengenai Lidah Kucing

fakta lidah kucing

Selain imut dan menggemaskan, kucing ternayata menyimpan banyak fakta menarik termasuk mengenai lidahnya. Pasti pernah berpikir mengapa lidah kucing kasar.

Ternyata lidah kucing diselimuti oleh papila atau disebut bulu-bulu kasar yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Berikut fakta mengenai lidah kucing.

1. Tidak Bisa Merasakan Manis Dan Asin
Kucing hanya mempunyai rasa pengecap sedikit yang berada di pengucup lidahnya. Jadi saat memberikan makanan yang manis, kucing tidak dapat merasakan makanan manis tersebut dan juga tidak bisa merasakan makanan asin. Oleh karena itu, cukup dengan memberikan makanan dan camilan yang dirancang khusus untuknya.

2. Untuk Mengecek Temperatur dan Tekstur Makanan
Tekstur lidah yang kasar membantu kucing untuk mengetes tekstur dan temperatur makanan. Umumnya kucing akan menyukai makanan sesuai dengan suhu ruangan. Jika makanan terlalu panas atau dingin tidak akan memakannya berdasarkan lidahnya.

3. Menurunkan Suhu Tubuh
Kebiasaan yang dilakukan oleh kucing adalah akan menjilati bagian dari tubuhnya saat merasakan kepanasan. Terjadi penguapan pada air liur yang saat itu menempel pada bulunya sehingga akan menimbullkan efek yang sejuk ketika keringetan dan pada saat terkena angin.

4. Melepas Daging Dari Tulang
Dialam liar kucing akan mencari mangsa, salah satu kegunaan lidah yang kasar untuk membantu kucing melepaskan daging dari tulangnya ketika makan.

5. Membersihkan Bulu dari Darah Mangsa
Lidah yang kasar pada kucing juga berguna untuk grooming. Lidahnya yang bertekstur kasar akan mengangkat debu, berbagai kotoran dan juga tak luout darah mangsapun terangkat, hal ini terjadi pada saat kucing menjilati bulunya. Pada saat kucing beraktifitas di alam liar maka kucing akan bisa menjadi pemangsa atau bahkan dimangsa. Pertahanan diri kucing dengan melakukan grooming tubuhnya. Kucing akan melakukan upaya menjilati bagian-bagian tubuhnya, hal ini merupakan satu upaya untuk menghilangkan sisa darah pada bulunya. inilah salah satu fungsi lidah kucing yang dimanfaatkan untuk mempertahankan dirinya di alam liar.

Dari beberapa hal yang disebutkan diatas maka peran lidah kucing sangatlah penting demi mempertahaknan hidupnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu sebaiknya para pemilik kucing untuk jangan mengabaikan merawat lidah kucing.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top