Kenapa Kucing Suka Ikan?

Kucing suka ikan

Seekor kucing dapat menjadi sangat pemilih untuk urusan makan mereka, tapi hampir semua kucing bakal langsung merespons dengan cepat apabila mereka diberi makan ikan oleh kita.

Mungkin kalian juga pernah melihat kalau kucing selalu terlihat terobsesi dengan makan ikan. Bahkan, diantara mereka kadang ada yang sampai berani mencuri ikan yang ada di dapur saat kita lalai. Tapi, kenapa kucing suka dengan ikan? Apakah ini jenis makanan yang cocok untuk mereka? Kita akan membahasnya disini.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai alasan kenapa kucing suka ikan, oke langsung aja.

Kenapa kucing suka ikan?

Bau ikan selalu akan menggoda kucing sebab ikan merupakan salah satu bau daging paling pekat yang ada dan disukai oleh kucing. Meskipun bau ikan biasanya membuat orang merasa tak nyaman, tapi hal itu tidak bagi kucing karena mereka adalah karnivora alias pemakan daging. Ini yang membuat bau daging dan ikan jauh lebih menarik bagi kucing.

Sejarah kucing suka ikan

Menurut catatan sejarah, orang Mesir adalah manusia pertama yang memelihara kucing dan mereka membujuk kucing ke rumahnya dengan tawaran ikan. Orang-orang berspekulasi bahwa beginilah cara kucing mengembangkan selera mereka terhadap ikan.

Namun, domestikasi kucing sebenarnya dimulai di gurun Timur Tengah 10.000 tahun lalu. Kucing pada dasarnya adalah pemakan oportunistik dan mereka telah berada di sekitar manusia selama ribuan tahun dan mengais sisa makanan mereka. Jadi, ini pada dasarnya terkait dengan seleksi alam atau evolusi bersama.

Jika kalian mempunyai seekor kucing dan juga ikan di rumah, kalian mungkin sering menemukan kucing kalian duduk di dekat akuarium dengan mengamati dan mengintai ikan tersebut.

Kucing adalah hewan karnivora yang butuh taurin

Kucing dikenal sebagai hewan karnivora, yang artinya mereka harus makan daging sebagai sumber makanan utamanya dan mereka tidak membutuhkan banyak karbohidrat dalam makanannya. Namun, sedikit buah, sayuran, dan biji-bijian bisa mereka terima untuk dimakan.

Akan tetapi, kucing memiliki usus pendek yang berarti mereka tidak dapat mencerna bahan tumbuhan sepenuhnya. Jadi, kucing membutuhkan makanan yang mengandung taurin konsentrasi tinggi yang sering ditemukan di otot, jantung, dan hati hewan. Dan ikan juga mengandung taurin.

Taurin sendiri merupakan asam amino yang membantu mengatur ritme jantung, pencernaan, reproduksi, dan penglihatan kucing. Kebanyakan mamalia memproduksi taurin dari asam amino lain. Namun, kucing tidak bisa melakukan itu jadi penting untuk menambah makanannya. Ikan juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kucing.

Apakah kucing berburu ikan?

Meskipun kucing biasanya berburu di darat, jika ada kesempatan, mereka juga akan memancing untuk memberi makan. Sebenarnya kucing adalah perenang yang baik, tetapi mereka tidak akan menjelajah ke perairan dalam. Namun jika mereka bisa meraih ikan dengan mudah, dekat daratan, mereka pasti akan memanfaatkan peluang tersebut.

Apakah memberi makan ikan kepada kucing peliharaan ide yang bagus?

Ya, memberi makan ikan untuk kucingmu bisa menjadi ide yang bagus, tetapi itu semua tergantung pada kualitas ikan, proses memasak, dan, tentu saja, kuantitasnya. Selama kamu mengingat batasan pola makan yang benar, ikan adalah sumber protein yang sangat baik. Namun, ada satu pengecualian utama. Beberapa kucing alergi terhadap ikan dan, jika ini kasusnya pada kucingmu, maka yang terbaik adalah menghilangkan ikan sepenuhnya dari makanannya.

Ini termasuk produk makanan profesional yang didasarkan pada ikan, camilan, atau suplemen lain yang mungkin termasuk ikan. Namun, ikan terkadang mengandung merkuri tingkat tinggi dan racun lainnya. Selain itu, memberi mereka makanan yang kebanyakan ikan dapat menyebabkan kucingmu menderita hipertiroidisme dan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Jadi, bagi kamu pemilik kucing harus membatasi mereka memakan ikan tidak lebih dari 2 kali seminggu.

Ikan apa yang terbaik untuk kucing?

Ada banyak ikan yang bisa kamu beli, tetapi tidak semuanya cocok untuk kucingmu. Untuk memilih jenis ikan yang baik, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan:

1. Lemak pada ikan

Ikan berlemak tinggi bukanlah makanan yang tepat untuk kucingmu, karena mereka mungkin mengalami kesulitan mencerna lemak dalam jumlah besar. Memberi makan ikan berlemak tinggi pada kucingmu dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Kamu akan tahu bahwa hal ini terjadi jika kucingmu muntah, diare, tidak waspada, tampak mengantuk dan tidak fokus, serta menolak untuk bergerak. Pilihan terbaiknya adalah ikan rendah lemak dan sedang seperti tuna, salmon, trout, herring, atau sarden. Makanan ini kaya protein dan taurin dan akan memberi kucingmu nutrisi sehat dalam bentuk yang dapat dicerna dengan mudah.

2. Dari mana ikan itu berasal

Di mana ikan ditangkap, diberi makan apa ikan tersebut, dan dari perairan mana ikan itu berasal merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Kamu harus menghindari memberi makan kucingmu ikan yang baru ditangkap dari air dan kolam yang manis karena mungkin mengandung parasit dan bakteri yang akan membuat kucingmu sakit.

3. Bagaimana ikan itu dimasak

Memberi kucing peliharaanmu makan ikan mentah hanya boleh dilakukan dalam jumlah kecil. Sementara kucing liar memakan daging mentah dari perburuannya, sistem pencernaan kucing peliharaan telah beradaptasi selama bertahun-tahun dan makan daging mentah (termasuk ikan) dalam jumlah yang lebih banyak bisa jadi tidak sehat bagi mereka. Solusinya adalah memberi makan ikan yang dimasak untuk kucingmu, yang jauh lebih mudah dicerna. Harap dicatat bahwa ini tidak termasuk ikan goreng atau asap, atau semua jenis masakan yang mengandung minyak atau aditif.

Pilihan terbaik adalah merebus atau memanggang ikan, jika kamu memiliki yang mentah. Solusi yang jauh lebih mudah adalah dengan membeli ikan kaleng. Kamu sebaiknya menghindari ikan kalengan yang diawetkan dengan minyak, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Tips Membedakan Makanan Kucing untuk Kitten dan Kucing Dewasa

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top