Kucing Mendengkur Ini Penyebabnya Lho

Kucing Mendengkur

Hai catlovers, buat kalian yang mempunyai kucing, kalian pastinya sudah sangat tau bahwa hewan lucu berbulu ini mempunyai kebiasaan seperti mendengkur. Nah buat kamu yang baru pemula atau baru pertama kali memelihara kucing mungkin sering dibikin bingung dengan perilaku yang seperti ini.

Nah buat kalian yang udah lama memelihara kucing pasti tau dan mengira bahwa dengkuran kucing memiliki arti kucing yang merasa nyaman dan senang serta bahagia. Namun ternyata banyak loh alasan kucing kenapa mendengkur dn tidak sesimple itu.

Ternyata dengkuran kucing berasal dari sinyal otak pada kucing yang lalu kemudian mengarah ke otot laring pada kucingyang akhirnya menimbulkan suara dengkuran. Otot kucing ini mengencang dan mengendur cepat pada saat kucing menghirup dan sebaliknya pada saat menghembuskan napas, dan karna faktor itulah yang membuat getaran yakni dengkuran kucing. Penyebab kucing mendengkur pada dasarnya ada beraneka ragam, simak penjelasannya dibawah ini ya.

1. Tanda Lapar

Beberapa kucing rumahan mendengkur pada sekitar waktu makan. Kucing yang mendengkur diwaktu ini mempunyai tanda dan ciri yang khas. Dengkuran ini disebut juga dengkuran permintaan. Kucing juga bisa memakai suara dengkuran ini sebagai alat manipulasi agar mendapatkan apa yang mereka mau termasuk untuk mendapatkan makanan dari pemiliknya.

2. Dengkuran menandakan senyuman

Mendengkur pada kucing sama halnya seperti tersenyum yang menunjukkan kebahagiaan pada kucing. Hal ini juga  menciptakan suasana terbuka pada kucing peliharaan dan menunjukan rasa penuh kepercayaan pada kucing dengan pemiliknya. Dengkuran ini juga menciptakan kehangatan serta suasana hati yang bagus baik untuk si kucing itu sendiri ataupun ke pemiliknya.

Pada umumnya kucing mendengkur ketika sedang dielus atau dibelai manja oleh pemiliknya. Singkatnya kucing mendengkur pada saat mereka merasa puas dan ini mennjukan indikasi kebahagiaan mereka.

3. Membangun ikatan

Anak kucing bisa mendengkur hampir seketika. Juga karena saat mereka lahir mereka dalam keadaan tdak melihat dan mendengar. Nah induk kucing yang mendengkur ini yang dirasakan oleh anak kucing untuk membangun hubungan dengan induk kucing.

4. Menenangkan diri

Kucing biasanya mendengkur pada saat ingin menenangkan diri atau berelaksasi. Kucing biasanya mendengkur disaaat stres ataupun juga ketika merasakan sakit di tubuhnya. Dengkuran ini dapat membantu mereka meredakan stress dan menenangkan dirinya.

5. Untuk menyembuhan diri

Mendengkur ternyata nggak hanya cuma menenangkan kucing. Dengkuran kucing ternyata juga dipercaya bisa membantu meredakan pernapasan kucing yang terganggu, mengurangi pembengkakan serta bahkan dapat menyembuhkan tulang.

Kucing yang mendengkur ternyata memiliki frekuensi yaitu 25 dan 150 hertz. Dilansir oleh Scientific American, frekuensi getaran dalam kisaran ini diyakini bisa meningkatkan kepadatan tulang pada kucing serta diyakini dapat membantu memperbaiki tendon. Hal inilah yang mungkin menjelaskan kita mengapa kucing lebih cepat pulih ketika sedang sakit ketimbang anjing..

Baca Juga: Fakta Kucing Nggak Kalah Cerdas dengan Anjing

Nah kucing yang mendengkur ternyata bukan sekadar kebiasaan aja loh tetapi juga mempunyai manfaat yang ada. Walaupun kucingmu mungkin cuma mendengkur pada saat saat tertentu, kalian juga bisa memancing kucing untuk mendengkur loh, caranya yaitu dengan cara membelainya dan mengelusnya atau kamu juga bisa kasih makanan atau camilan yang dia suka.

Nah itulah Penyebab Kucing Mendengkur. Semoga Bermanfaat ya Catlovers.

Baca Juga: Makanan Manusia yang Aman untuk Kucing Peliharaan

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top