Kucing Pampas yang Langka dan Fakta Uniknya

Fakta Kucing Pampas

Kucing Pampas merupakan spesies jenis kucing yang mempunyai keunikan pada corak bulu tubuhnya yang beraneka ragam. Merekapun juga dikenal dengan kucing yang memiliki jangkauan populasi yang luas dan hidup di banyak tempat dan wilayah di dunia. Walaupun hewan ini berhabitat di beberapa negara, namun populasi dari kucing pampas di alam liar sangatlah langka dan sulit dijumpai dikarenakan jumlahnya yang semakin sedikit.

Kucing pampas memiliki kemampuan berlari yang lumayan cepat serta mampu memanjat pohon juga dengan cepat. Oke kita langsung bahas aja yaa beberpa fakta menarik yang terdapat pada jenis kucing ini. Langsung aja cekidotz.

1. Populasi kucing pampas

Populasi kucing pampas sendiri ada dan banyak tersebar luas di wilayah benua Amerika selatan pastinya ada di negara Peru, Uruguay dan termasuk juga Argentina. kucing ini biasanya tinggal denganmendiami bermacam-macam tempat di antaranya semak semak di dataran, lereng pegununga atau bahkan hutan terbuka serta gurun.

Untuk bisa bertahan hidup jenis kucing ini termasuk ke dalam kelompok hewan dengan jenis karnivora yang memangsa berbagai hewan-hewan kecil seperti antara lain marmot, burung, anak ayam dan yang lainnya..

2. Hidup di alam bebas

Kucing ini adalah jenis hewan nokturnal yang aktif beraktivitas pada malam hari untuk mencari makanannya. Di habitat atau temoat aslinya, kucing ini bisa dengan cepat memanjat pohot dengan sangat lincah jika mereka merasa dirinya terancam atau merasa diburu oleh predator lainnya yang buas.

Namun, kucing pampas yang hidup di dalam penangkaran akan terlihat berbeda dengan yang ada di alam bebas atau liar, mereka akan menaikan bulu pada tubuhnya hingga sampai ke ekor mereka ketika sedang bersemangat akan sesuatu ataupun ketika sedang merasa ketakutan.

3. Ciri fisik kucing pampas

Kucing pampas memiliki corak bulu yang sangat beragam dan  tergantung di daerah mana kucing pampas tersebut hidup. Dilansir dari laman web luar yang membahas kucing ini, untuk jenis kucing pampas yang mendiami wilayah dataran tinggi di pegunungan, maka kucing ini kecenderungan memiliki bulu dengan warna abu-abu dan garis atau corak kemerahan serta ada corak berbintik bintik.

Di negara Argentina sendiri, kucing pampas ini biasanya ditutupi oleh bulu kuning semi semi kecoklatan dengan bulu yang lebih lebat dan panjang.

Sedangkan di wilayah negara Brazil sendiri, bulu kucing pampas akan lebih cenderung berwarna kuning dengan garis kehitaman. Kucing ini memiliki berat tubuh kira kira kurang lebih antara 4 sampai dengan 6 kg.

4. Berkembang biak kucing pampas

Musim kawin dari kucing ini yang tinggal di alam bebas belum diketahui pasti waktu kawin dan berkembang biaknya, Tetapi kucing pampas yang ada di penangkaran pada umumnya akan kawin pada bulan bulan April serta Juli.

Masa kehamilan kucing pampas betina biasanya  berlangsung dalam kurun waktu 78 hingga 84 hari dan akan melahirkan anak kucing sejumlah 1 sampai dengan 3 ekor anak kucing. Setelah itu, bayi anak kucing yang baru lahir akan terus bersama dengan induknya di dalam sarangnya sampai mereka dapat mencari makan sendiri. Kucing pampas ini mampu survive di alam liar dengan rentan usia antara usia 9 hingga 15 tahun lamanya. Wow lama juga ya.

5. Populasi kucing pampas

Di tempat aslinya, kucing pampas ini sangat langka serta sulit dijumpai keberadaannya. Disebabkan kucing ini memiliki jangkauan penyebaran populasi yang sangatlah luas.

Jumlah populasi mereka pada saat ini belum diketahui secara pastinya. Tapi, badan konservasi alam dunia sudah mengkategorikan kucing ini kedalam daftar hewan yang perlu dilindungi.

Salah satu sebab populasi dari kucing ini semakin berkurang di habitatnya dikarenakan hilangnya tempat dan habitat asli dari kucing ini dan di alam bebas sendiri atau alam liar dan habitatnya kucing pampas sangat sering diburu predator lainnya yang buas seperti anjing liar atau macan..

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik dari jenis kucing pampas yang memukau ini Semoga bisa sedikit menambah wawasanmu ya tentang dunia perkucingan onty. Salam catlovers.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Kucing Bengal, Kucing Langka Asal dari Amerika

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top