Makanan Manusia yang Aman untuk Kucing Peliharaan

Makanan Manusia yang Aman untuk Kucing Peliharaan

Hai catlovers apa kabar? Nah buat siapapun yang mempunyai hewan peliharaan kucing pastinya udah pada tau dong kalo hewan lucu berbulu ini nggak hanya imut dan menggemaskan saja, tapi kucing juga pintar serta memiliki rasa keingintahuan yang besar. Kucing slalu tertarik pada hal apapun yang dikerjakan dan dilakukan oleh kita sebagai pemiliknya, termasuk juga makanan yang kita makan. Trus apa aja sih Makanan Manusia yang Aman untuk Kucing Peliharaan kita? Baca lebih lanjut ya onty.

Tapi kucing yang kita pelihara juga memerlukan makanan khusus yang nggak bisa sembarangan kita kasih kepada mereka, salah salah kasih makan nanti malah bikin kucingmu sakit. Beberapa makanan manusia dapat atau bahkan mempunyai dampak yang tidak baik atau buruk buat kucing, oleh sebab itu mereka harus diberi makanan yang aman untuk kucing.

Nah kabar baiknya ternyata ada loh beberapa makanan manusia yang aman dikonsumsi buat kucing peliharaanmu dan serta malah memberi manfaat kesehatan untuk kucing. Apa aja sih, yuk kepoin langsung aja di bawah ini.

1. Daging yang sudah matang dan direbus dengan baik

Pada umumnya kucing rumahan atau bahkan kucing kucing besar, seperti singa, harimau dan bahkan cheetah adalah karnivora atau pemakan daging. Dilansir dari sumber CatInfo, kucing merupakan termasuk hewan karnivora yang artinya tubuh mereka memang telah dirancang buat mendapatkan nutrisi nutrisi dari daging dan bukan dari sayuran.

Daging juga sumber protein yang dapat membantu kucing untuk mempunyai jantung serta sistem reproduksi yang sehat dan penglihatan yang baik pada matanya.

Kalo kamu pengen memberi kucing kamu dengan daging, kami sarankan kamu pastikan memberinya daging yang matang dan dimasak sempurna, yang terpenting juga jangan menyajikan daging yang masih ada tulangnya sebab dapat membuat kucingmu tersedak oleh tulang tersebut.

2. Ikan yang masak

Kalian pasti udah tau benget kalo kucing itu sangat suka makan ikan. Bahkan, banyak juga makanan kucing yang mengandung ikan di dalamnya sebagai bahan dasar pembuatannya.

Nah salah satu jenis ikan yang paling banyak ditemukan didalam makanan kucing yang banyak dijual dipasaran adalah ikan salmon.

Dilansir dari Animal Poison Control Center, Ikan salmon atau banyak jenis ikan lain nya adalah merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan mata si kucing. Selain itu juga, ikan ternyata bagus dan baik serta mempunyai banyak manfaat kesehatan lainnya untuk kucing.

Oh iya, poin penting nih. Pastikan kamu nggak memberi makan kucing dengan ikan mentah ya, sebab ternyata itu tidak terlalu baik untuk kucing kalian serta dapat membuat kucing kalian sakit.

Pastikan juga kalo mau memberi makan kucing dengan ikan ini kalian harus pisahkan ikan dari duri durinyasebab duri ikan dapat menyangkut di tenggorokan kucing dan ini berbahaya buat si kucing.

3. Telur yang matang

Telur yang dimasak dengan matang dan benar merupakan sumber protein yang baik buat si kucing dan lagi telur juga ternyata mengandung banyak vitamin B yang berguna bagi kesehatan si kucing.

Nah meskipun begitu ternyata nggak semua kucing dan ada beberapa kucing yang sebenarnya alergi terhadap telur.

4. Minyak ikan

Minyak ikan dikenal baik untuk kesehatan manusia. Tapi ternyata, kucing juga dapat dan bisa mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi suplemen minyak ikan tersebut.

Di pasaran ternyata ada banyak pilihan suplemen minyak ikan yang dijual bebas. Minyak ikan ternyata banyak menggandung Omega 3 yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu pada kucing.

5. Oat

Oat sendiri ternyata banyak sekali mengandung protein per kalori nya serta oat ini sangat mudah dan gampang untuk dibuat. Ternyata banyak kucing yang menyukai jagung dan polenta yang ada pada oat.

Kalian dapat mencoba memberikan biji bijian seperti nasi merah atau gandum dan jangan lupa jika kalian mau memberikan biji bijian utuh tersebut pastikan dihaluskan dulu atau dimasak hingga matang agar kucing bisa mencerna sepenuhnya.

Nah meskipun demikian ada beberapa makanan manusia yang aman dan bermanfaat buat di konsumsi si kucing, tapi perlu kalian inggat bahwa makanan manusia nggak boleh menggantikan sumber makanan utama si kucing.

Kucing peliharaan hanya boleh diberikan makanan manusia secukupnya dan nggak boleh berlebihan supaya kucing tetap sehat dan terjaga kebutuhan nutrisinya dengan baik. Makanan yang terbaik tetap ada pada makanan yang khusus untuk kucing.

Oke sekian dari mimin, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Baca Juga: Kesalahan Terbesar saat Memberi Makan Kucing, Bisa Bikin Kucing Sakit

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top