Memotong Kuku Kucing Apakah Perlu

Memotong Kuku Kucing

Hai catlovers, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang memotong kuku pada kucing. Kucing merupakan hewan yang lucu, manis serta menggemaskan. Semanis manisnya kucing, ternya mereka masih suka mempertahankan naluri alami mereka sebagai hewan predator. Nggak cuma gigi yang tajam, kuku kucing yang tajam acapkali meninggalkan perih di kulit kalo kita terkena cakarannya. Biar nggak perih kena cakar terus, kalian harus tau penting nya memotong kuku pada kucing di bawah ini. Simak ya.

Mengapa Memotong Kuku Kucing itu Perlu?

1. Meminimalisir adanya kerusakan pada perabot rumahmu

Kucing memakai cakarnya buat berburu dan memanjat pohon serta untuk menggaruk area tertentu untuk menandai daerah kekuasaan nya.

Nah pada saat mengasah cakarnya ini, kucing ternyata melepaskan feromon atau aroma khas buat meninggalkan jejak di wilayahnya, termasuk pada perabot rumahmu.

Memotong kuku kucing dapat meminimalisir adanya kerusakan pada perabot, sofa dan furniture yang ada di rumahmu. Jadi memotong kuku kucing itu perlu kalian lakukan.

2. Mencegah infeksi pada kuku kucing

Kuku kucing tumbuh dalam lapisan yang mirip cangkang. Saat kuku kucing sedang diasah, maka secara alami akan melepaskan cangkangnya yang lebih tua.

Terkadang kucing merasa kesulitan melepaskan cangkang yang lebih tua tersebut sehingga menyebabkan kuku tersebut tumbuh masuk kedalam.

Ini bisa bikin kucing merasa kesakitan, tapi hal ini juga bisa memicu infeksi pada kuku kucing sehingga kalian harus membantunya dengan cara memotong kukunya secara rutin kalau dirasa sudah panjang.

3. Mencegah kita tercakar dan terinfeksi karena cakarannya

Bukan cuma akan melindungi sofa rumahmu, memotong kuku kucing juga bisa mencegah kulit mu tercakar dan luka karena cakarannya. Selain perih dan menyakitkan, luka yang ditimbulkan ini juga dapat berisiko terkena infeksi dari bakteri bartonella henselae yang bisa menyebabkan cat scratch disease.

Cara memotong kuku pada kucing yang benar

Kalo kalian pengen sedikit menghemat biaya dan waktu untuk pergi ke salon hewan, biasakan memotong kuku kucing sendiri. Kalian bisa gunakan gunting kuku khusus yang banyak dijual bebas di toko peralatan kucing atau pet shop terdekat di kotamu.

Sebaiknya dalam memotong kuku kucing kalian pilih tempat yang tenang supaya kucing merasa rileks dan tidak stress.

Pegang kaki kucing dengan lembutĀ  hati hati, lalu tekan perlahan tangan kucing agar dia memanjangkan dan mengeluarkan cakarnya lalu potong sedikit saja tanpa melebihi bagian transparan dari kuku kucing tersebut.

Setelah kalian selesai memotong kuku kucing kesayangan kalian, berikanlah sedikit apresiasi positif atau hadiah dengan memberikan camilan favoritnya sebagai treatment. Oke sekian penjelasan tentang memotong kucing yang baik dan benar, Semoga bermanfaat ya onty.

Salam Catlovers,

Baca Juga: Fakta Mengenai Lidah Kucing

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top