Merawat Kucing Persia dengan Mudah Ketahui Fakta Ini

Merawat Kucing Persia

Hai catlovers, bagaimana kabarnya hari ini? Apakah kalian baik baik saja? Oia bagaimana kabar kucing peliharaan kalian onty, semoga baik baik juga ya. Nah dalam kesempatan kali ini mimin ingin sedikit berbagi info tentang bagaimana merawat kucing persia yang baik dan benar.

Merawat kucing persia itu gampang gampang mudah asal kalian tau bagaimana cara memelihara dan merawatnya dengan baik dan benar. Nah kalo kamu yang baru ingin memelihara kucing pertama kali maka memilih memelihara dan merawat kucing persia akan menjadi pilihan yang tepat buat kalian.

Kucing persia itu terkenal akan tingkah lakunya yang elegan dan mudah jinak pada manusia serta suka bermain. Nah kalo kalian punya anak kecil, kucing ini juga bisa menjadi teman bermain anak anak kalian karena kucing lucu ini bisa sangat bersahabat dan playfull.

Namun, memelihara dan merawat kucing dengan bulu panjang termasuk kucing persia ini, mempunyai konsekuensi dan tantangannya tersendiri bagi yang ingin memelihara dan merawatnya atau yang sudah merawatnya sekalipun, terutama dari segi sisi perawatan, makanan, dan kebersihan lingkungannya. Selain itu, kalian juga harus memahami beberapa hal penting yang berkaitan dengan kucing persia ini.

Sebagai contoh, setidaknya kalian mengetahui fakta dan hal penting mengenai kucing persia, seperti yang sudah mimin tulis berikut ini, penasaran? yuk simak langsung onty.

Sejarah Kucing Persia

Dapat dibilang kucing persia merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Kucing persia asal mulaya dari Mesopotamia (Persia), kucing yang cantik ini berbulu panjang telah banyak memikat hati para wisatawan dunia sejak abad ke 17 tahun lamanya. Kemudian melalui proses pengembangbiakan secara selektif dan dilakukannya kawin silang, maka saat sekarang ini kucing persia ini memiliki penampilan yang semakin beragam.

Kucing persia yang dapat kita jumpai dewasa ini memiliki bentuk fisik yang bermacam-macam misalkan wajah yang nampak bulat, hidung yang lucu karena pesek, pipi yang tembam, bahkan ada juga kucing persia dengan tubuh kekar. Karena variasi penampilan yang lucu dan memesona serta mempunyai karakter yang jinak, maka kucing persia menjadi jenis kucing yang terkenal dan diminati di seluruh dunia.

Usia Kucing Persia

Dengan asupan gizi yang baik serta kesehatan yang terjaga maka kucing persia dapat hidup hingga berumur 10 sampai dengan 15 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, pastikan kalian merawatnya dan memeliharanya dengan baik dan benar, agar kucing persia peliharaan kalian terhindar dari beragam macam potensi penyakit kucing.

Ukuran Tubuh Kucing Persia

Kucing persia biasanya memliki ukuran tubuh yang sedang memiliki berat rata-rata kurang lebih tiga sampai lima kilogram. Hal ini sangat dipengaruhi dari pola makan yang biasanya terdiri jenis, jadwal, dan jumlah makannya, tak ketinggalan dipengaruhi juga oleh banyaknya aktivitas kucing kucing persia tersebut.

Karakter Kucing Persia

Tingkah polah yang elegan yang dimiliki oleh kucing persia sesuai dengan penampilannya yang cantik nan anggun. Lingkungan yang ramai dengan suara nyaring bukanlah suasana yang mereka sukai.

Jenis kucing ini lebih menyukai suasana yang tenang, damai, nyaman, dan tidak terlalu dinamis. Jenis kucing ini lebih memilih menyukai untuk bersantai dan bermalas-malasan di sofa yang empuk atau lantai daripada berlompat-lompat di atas perabotan yang menghiasi rumah.

Merawat Kucing Persia dengan Mudah

Kesehatan Kucing Persia

Kucing persia tenyata biasanya mempunyai riwayat penyakit yang memang diturunkan secara genetik dari indukannya, meskipun sebenarnya aktivitasnya tidak teramat tinggi.  Penyakit-penyakit tersebut antara lain adanya gangguan pernapasan, posisi gigi yang kurang teratur, terdapat kelainan dan kotoran pada mata, dihinggapi penyakit kulit, memiliki daya sensitif panas, dan kerentanan terhadap infeksi jamur.

Perawatan Kucing Persia

Menjadi kebiasaan pada ras kucing yang memiliki bulu panjang pada umumnya, seperti halnya kucing persia ternyata membutuhkan perawatan khusus yang lebih oprimal, terutama terkait pola kebersihan dan kerapihan bulunya.

Maka sebaiknya usahakan setiap hari kalian sisir bulunya agar tidak mudah rontok dan terjaga bulunya dengan baik serta secara rutin memandikannya juga, minimal 1 atau 2 minggu sekali kalau kalian malas.

Selain itu penting juga untuk menjaga kebersihan kotak kotoran atau litter box nya. Dan yang paling penting adalah selalu menjaga kesehatan tubuh kucing, termasuk mata, telinga, gigi, hidung, dan kuku.

Ciri Fisik Kucing Persia

Ciri Fisik yang dapat kita jumpai pada kucing persia antara lain bahwa kucing persia memiliki bulu yang panjang, hidung lucu karena pesek, kepala bulat dan gemuk, memiliki telinga relatif kecil serta tubuh yang kokoh.

Menariknya dari kucing persia ini memiliki variasi warna bulu yang beraneka ragam, mulai dari yang polos sempurna, seperti white, Black, abu abu, oranye, dan sebagainya hingga motif unik yang eksotis dan unik.

Nah itulah beberapa fakta tentang kucing lucu dari jenis kucing persia yang bisa kita persembahkan untuk kalian semua catlovers. Semoga bisa menambah wawasanmu tentang jenis kucing ini ya. Jangan lupa juga share ya artikel ini kalau kalian suka dengan bacaan ini. Terima kasih.

Jangan lupa berilah kucing peliharaan kamu limpahan kasih sayang yang sempurna supaya dia selalu bahagia ya Onty…

Baca Juga: 5 Ras Kucing Langka yang Namanya Asing Bahkan Jarang Didengar

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top