Penyakit Mata Yang Sering Terjadi Pada Kucing

penyakit mata kucing

Mata kucingmu merah, bengkak atau sering menggaruk-garuk matanya? hindari membiarkan kucing merasakan waktu yang terlalu lama karena mengalami penyakit matanya. Jika terlambat mengobatinya maka dapat berisiko fatal yaitu kebutaan yang permanen. Inilah beberapa jenis penyakit mata yang sering sekali terjadi pada kucing.

1. Katarak
Katarak pada kucing sasa terjadi pada manusia, karena penyakit inilah kucing dapat terganggu penglihatannya atau bahkan bisa mengalami kebutaan. Ciri yang nampak pada katarak ini sama yan terjadi dengan manusia yaitu bola mata kucing akan terlihat berawan atau nampak keruh jika dibiarkan maka akan menjadi banyak.

Katarak menyebabkan cahaya terhalang masuk ke mata sehingga mengganggu penglihatan. Katarak bisa terjadi pada kucing tua maupun anak kucing yang baru lahir.

Penyebab terjadinya katarak adalah karena usia, bisa juga karena bawaan, terjadinya cedera atau penyakit lainnya (Felline Infectious Peritonitis, Feline Leukimia dan FIV) dan pola makan yang tergolong buruk. Langkah untuk mengatasi katarak dapat dilakukan melalui operasi pengambilan lapisan katarak tersebut.

2. Konjungtivitis
Konjungitas atau biasa juga disebut sebagai mata merah disebabkan oleh adanya virus atau bakteri. Bila terjadi peradangan yang awalnya dimulai dari satu mata kemudian menjalar ke mata lainnya maka dapat disebabkan oleh bakteri chlamydia atau mycoplasma. Namun jika peradangan dimulai pada kedua mata berarti disebabkan oleh adanya virus. Mata kucing yang mengalami peradangan akan nampak berair dan merasakan gatal ditandai dengan kucing sering mengusap matanya.

Langkah cepat untuk mengobati sakit ini adalah pertama lakukan kompres hangat pada matanya yang dapat membantu untuk membersihkan mata dari cairan yang menumpuk dan mengering. Kemudian pergilah ke dokter hewan langganan Anda untuk menyembuhkan total sakit ini.

3. Kornea Mata Kucing Tergores
Kucing akan merasa kansakit, ditandai dengan menyipitkan mata dan menggosokkan matanya,kemudian menjauh atau mengindari cahaya ke matanya, hal ini terjadi karena ada goresan pada permukaan matanya. Goresan kornea pada kucing dapat disebabkan karena adanya trauma, misalkan mata yang tidak sengaja menggores atau tercakar oleh kucing lain.

Goresan ringan akan segera sembuh sendiri dalam kurun waktu berkisar 24 jam sampai 48 jam.  Namun jika dalam waktu 24 jam nampak belum ada perubahan dapat segera dibawa ke dokter. Hati-hati jangan pernah memberikan obat tetes mata pad kucing untuk konjungtivitas.

4. Uveitis
Uvenitis merupakan salah satu gangguan mata yang serius terjadi pada kucing piaraan kita. Penanganan medis mampu menghindari mata kucing mengalami kebutaan.

Gejalanya Uveitis adalah dapat dilihat seperti bentuk dan ukuran pada pupil yang tidak rata dan terlihat kecil, muncul juga tonjolan dan warna nampak kemerahan pada kelopak. Mata kucing menjadi sangat sensitif terhadap cahaya matahari. Uveitis disebabkan oleh virus, jamur, bakteri atau penyebab lainnya.

5. Glaukoma
Glaukoma pada kucing terjadi jika ada cairan yang menumpuk sehingga bola mata tertekan. Adanya tekanan pada mata menyebabkan kucing merasakan sakit hingga membuat tidak ada nafsu makan. Kucing menjadi lebih banyak tidur dan tidak mau disentuh pemiliknya dan selalu menghindari sinar matahari.

Tanda-tanda sakit ini adalah mata kucing akan terlihat berair, kemudian berawan dan bentuknya nampak agak menonjol. Glaukoma disebabkan karena masalah struktur pada mata atau efek adanya penyakit lainnya.

Demikianlah beberapa beberapa jenis penyakit mata pada kucing yang dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu tetaplah menjaga kebersihan, kesehatan kucing dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top