Sisi Positif Memelihara Kucing

sisi positip memelihara kucing

Memelihara binatang peliharaan adalah hal yang mengasyikan karena akan memberikan reaksi menyenangkan apabila memelihara binatang sesuai dengan kesukaan hati. Kucing menjasi salah satu pilihan untuk dipelihara, karena binatang ini memiliki penampakan yang lucu dan menggemaskan. Memelihara kucing banyak dilakukan disukai oleh banyak orang oleh karena itu berikut ini sisi positif dari memelihara Kucing.

1. Mampu meredakan stres
Bermain bersama kucing sebagai hewan peliharaan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, hal ini dapat menimbulkan kadar dopamin dan serotonin yang meningkat, sehingga menenangkan dan menggembirakan bagi pikiran. Memelihara kucing juga dapat membuat manusia terhindar dari perasaan merasa kesepian. Karena kesepian dapat memicu dan memperburuk penyakit fisik atau psikologis seperti depresi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan orang yang memiliki hewan peliharaan akan lebih baik daripada yang tidak memelihara. Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa lanjut usia lebih dari 65 tahun yang memiliki hewan peliharaan terbukti memiliki tingkat kunjungan ke dokter hingga 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Sistem kekebalan tubuh yang lebih baik juga akan terbentuk pada anak-anak yang tumbuh di lingkungan rumah yang memelihara hewan peliharaan. penelitian terbaru mengungkap bahwa pada anak usia balita yang dibesarkan dalam rumah yang memiliki hewan peliharaan, cenderung lebih terlindungi dari alergi, sakit asma dan alergi kulit yang dapat menyebabkan gatal dan kemerahan, hal ini berlawanan dengan anggapan umum yang sering kita dengar.

3. Interaksi Sosial
Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa anak dengan sakit autisme juga dapat melakukan interaksi lebih baik jika ada hewan peliharaan seperti kucing di sekitar mereka.  Memelihara hewan peliharaan juga dapat menciptakan hubungan sosial baru, terutama dengan sesama orang yang menyukai hewan yang sama. Interaksi sosial ini ternyata dapat dilakukan oleh siapa saja, baik dalam kondisi sakit, melalui jaringan nirkabel, maupun ketika sedang melakukan aktifitas olahraga sambil membawa hewan peliharaannya tersebut.

4. Teman Bergerak Aktif
Memelihara kucing dapat memacu semangat untuk selalu bergerak aktif. Aktivitas inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti jika sedang malas berolahraga. Berlari-lari dan bermain bola dengan kucing merupakan salah satu aktifitas yang sangat menyenangkan sekaligus membuat tubuh sehat karena berkeringat.

Demikian tadi beberapa manfaat positif yang bisa didapatkan jika memelihara kucing. Memelihara kucing dapat mendatangkan efek psikologis yang positif bagi seluruh anggota keluarga.

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top