Tips Membedakan Makanan Kucing untuk Kitten dan Kucing Dewasa

Tips Membedakan Makanan Kucing

Beda Usia Kucing Beda Pula Jenis Makanan Kucingnya. Nah dengan bertambahnya usia pada kucing peliharaan ternyata kucing juga membutuhkan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan pada kandungan nutrisinya. Nah apa sih Tips Membedakan Makanan Kucing untuk Kitten dan Kucing Dewasa? Simak lebih lanjut catlovers.

Ketentuan pada umumnya,kucing pada umumnya dianggap memasuki fase usia dewasa pada umur 1 sampai dengan 8 tahun, kecuali jenis kucing Mainecoon yang tidak mencapai usia kedewasaan sampai dengan usia 3-5 tahun. Jangan sampai keliru ya apalagi sampai mengabaikan kesehatan kucing peliharaanmu. Terapkan tips berikut ini untuk bisa menentukan pola makan yang tepat buat kucing dewasa kamu. Tips Membedakan Makanan Kucing untuk Kitten dan Kucing Dewasa

Cara Beralih ke Makanan Kucing Dewasa

Terkadang sulit untuk mengetahui kapan harus beralih ke makanan bagi kucing yang beranjak dewasa. Secara umum, alihkan jenis makanan dari anakan ke dewasa secara perlahan saat kucing berumur satu tahun. Kamu juga dapat berkonsultasi pada dokter hewan agar bisa mencari anjuran dari dokter yang tepat. Pada umumnya, butuh proses transisi agar bisa mengubah pola makan selama 6-9 hari dengan cara meningkatkan porsi makanan baru setiap harinya ya.

Baca Juga: 13 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing, Jangan Kasih Ini ke Si ‘Meng’ ya!

Kebutuhan Nutrisi Tak Kalah Penting

Kucing merupakan hewan karnivora dengan kebutuhan protein yang tinggi dan kadar karbohidrat yang minimal. Tips ini sangatlah penting kalian ingat saat memilih jenis jenis makanan yang cocok untuk diberikan kepada kucing dewasa. Pilih rasio lemak dan protein yang tepat, misalnya cat food harus mengandung sekitar 12% lemak dan 30% protein untuk dry food.

Cari Jenis Makanan Kucing yang Berkualitas Baik & Tinggi

Kalian juga harus paham akan kebutuhan nutrisi buat kucing kalian, mulai dari sekarang saatnya mencari produk produk dari jenis makanan kucing yang menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan tinggi. Kucing peliharaan membutuhkan yang namanya asam amino atau yang biasa disebut dengan taurin yang ada dalam makanannya dan taurin ini bisa ditemukan pada jenis jenis ikan, unggas atau daging lainnya.

Pon pentingnya adalah asam amino esensial ternyata penting dalam reproduksi dan penglihatan mata kucing. Begitu juga dengan Arginine, nutrisi penting lainnya yang didapat kucing untuk membantu mendukung fungsi hati. Selain itu protein juga harus jadi bahan pertama dan terbesar dalam makanan pada kucing, sumbernya pun harus diidentifikasi dengan jelas seperti ikan, daging daginga ataupun pada ikan salmon.

Baca Juga: Kesalahan Terbesar saat Memberi Makan Kucing, Bisa Bikin Kucing Sakit

Jadwal Pemberian Makan yang Teratur

Nah selain juga pada makanan kucing, kalian juga harus mengikuti jadwal makan dua kali sehari buat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi pada kucing kalian. Kalian bisa juga berkonsultasi dengan dokter hewan kalian untuk bisa melihat pedoman pemberian makan yang tepat yang ada pada kemasan cat food kalian. Pemberian cemilan pada kucing pun boleh dilakukan, asal tidak boleh melebihi takaran 5% dari asupan makanan harian kucing peliharaan kalian.

Nah itulah Tips Membedakan Makanan Kucing untuk Kitten dan Kucing Dewasa. Semoga Bermanfaat ya Catlovers.

Baca Juga: Makanan Manusia yang Aman untuk Kucing Peliharaan

Penyuka Kucing, memelihara merawat kucing mengajarkan kita untuk mengasihi dan hidup berdampingan dengan semua mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di dunia ini.
Back To Top